Join my personal BBM Channel C000E9700

Senin, 03 Oktober 2011

Jalan-jalan dan Wisata Kuliner di Makassar

Kota Makassar atau dulunya dikenal dengan nama Ujung Pandang ini termasuk salah satu kota favorit saya, karena kota ini merupakan surga kuliner.., kota Makassar terletak di Sulawesi Selatan, dengan lokasi di Pinggir laut dan terkenal akan wisatanya, disaat senggang saya mengunjungi beberapa, diantaranya:
Pantai Losari


Pantai ini biasanya ramai pada saat sore dan malam hari.., biasanya orang-orang suka berjalan-jalan sambil melihat sunset di pantai ini.


Pisang Epe

Penganan ini biasanya dijajakan menjelang malam hari hampir disepanjang jalan dekat pantai Losari  



makanan ini berupa pisang mentah yang dibakar lalu dipipihkan dan diberi air gula merah (rasa original), ada berbagai macam menu pisang epe, diantaranya pisang epe cokelat, pisang epe keju, pisang epe saus durian. 

Untuk yang terakhir itu paling enak.., duriannya berasa banget apalagi kalo disantap sewaktu pisangnya masih panas.. MMMmmmmm…..


Benteng Fort Rotterdam

Benteng ini terletak di pinggir pantai sebelah barat kota Makassar,  dibangun pada tahun 1545 pada masa kerajaan Gowa -Tallo oleh Raja Gowa ke-9. Jika dilihat dari atas, bentuk bangunannya terlihat seperti penyu.

Kerajaan Gowa menyerahkan benteng ini kepada Belanda. Pada saat Belanda menempati benteng ini, nama Benteng Ujung Pandang diubah menjadi Fort Rotterdam, Cornelis Speelman (Gubernur Jendral Hindia Belanda pada masa itu) sengaja memilih nama Fort Rotterdam untuk mengenang daerah kelahirannya di Belanda. Benteng ini kemudian digunakan oleh Belanda sebagai pusat penampungan rempah-rempah di Indonesia bagian timur.


Bangunannya yang menggunakan genteng berwarna merah menjadi ciri khas benteng ini


Kampoeng Popsa

Tepat di seberang jalan benteng Fort Rotterdam, terdapat tempat makan yang namanya Kampoeng Popsa, merupakan tempat nongkrong anak-anak muda dan keluarga, tempat makan yang konsepnya berbentuk foodcourt ini suasananya sangat nyaman dengan view menghadap ke pantai Losari, tempat makan ini cocok menjadi tempat nongkrong apalagi menjelang sore, dimana banyak pengunjung yang bisa makan sambil memfoto sunset, oleh karena itu tak heran jika tempat ini selalu ramai oleh pengunjung apalagi jika weekend. harga makanan di tempat ini bervariasi mulai dari Rp 20.000,- s/d 50.000,-




Ditempat ini bisa bersantai sambil menikmati berbagai macam jenis makanan, mulai dari Steak sampai makanan khas Makassar seperti Coto juga terdapat berbagai macam minuman bagi yang tidak ingin makan-makanan berat seperti juice, softdrink dan lain-lain.


Ikan Kudu-Kudu

Di Makassar juga terkenal akan kulinernya terutama seafood, karena kota ini terletak dekat laut. Ada satu makanan menarik yang harus dicoba yaitu ikan kudu-kudu




Ikan ini bisa diolah dengan cara di goreng tepung..


atau atau dimasak dengan dibakar..


Dagingnya lembut hampir mirip daging ayam, pas banget dimakan dengan aneka macam sambal yang disajikan sebagai pelengkap rasa, harus coba makanan yang satu ini kalo lagi jalan-jalan ke Makassar



Otak otak khas Makassar

Makanan yang harus dicoba lainnya adalah otak-otak, bisa ditemukan di restoran Dinar seafood atau bisa juga membeli yang berbentuk otak-otak yang packing-an  yang masih beku sehingga bisa dibawa pulang, merk yang terkenal adalah otak-otak Ibu Sanny, bisa di beli di tempat jual oleh-oleh.


Trans Studio Makassar

Jalan-jalan di kota Makassar belum lengkap kalo belum mengunjungi Trans Studio Makassar, theme park indoor ini terletak di dalam Trans Studio Mall, merupakan theme park indoor terbesar pertama yang didirikan di kawasan wisata terpadu Makassar, didalamnya terdapat 21 arena permainan. Bangunan ini berdiri di tanah seluas 12.7 hektare, dengan fasilitas pusat perbelanjaan Trans walk, Trans Rodeo Drive, Trans Studio dan Trans Hotel dan Resort, untuk HTM Trans Studio adalah Rp 100.000,-/ org (dengan menggunakan kartu Flazz Bank Mega yang bisa didapat di counter ticket.






Sop Konro dan Konro Bakar
Makanan khas kota Makassar lainnya adalah seperti sop konro dan Konro Bakar
Sop konro adalah iga sapi yang digodok lama sampai empuk yang disajikan dengan kuah, sedangkan konro bakar adalah iga sapi yang di bakar lalu disajikan dengan saus bumbu kacang, mantabbb rasanya…






Coto Makassar

Makanan khas lainnya adala Coto Makassar, berupa sup campuran daging dan isi perut berupa babat, usus, paru dan hati dengan kuah daging kental dan dibubuhi perasan jeruk nipis dan dinikmati dengan ketupat


Oleh Oleh Khas Makassar


Untuk oleh-oleh, yang khas dari daerah ini adalah sirop Markisa (sangat recommended, rasanya variasi manis-asam dan masih ada bulir-bulirnya), kacang disko, kopi toraja, minyak tawon, dan minyak gosok.


Super Crab khas Restoran Surya

Untuk makanan khas yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh adalah kepiting super khas restoran Surya, jika mau dibawa pulang, pemesanannya minimal adalah 1 hari sebelum keberangkatan, jadi kepiting bisa dimasak sebelum jam keberangkatan dan dikemas menggunakan teremos sehingga aman masuk ke bagasi pesawat.
Untuk harga kepiting ini bervariasi, paling termurah adalah Rp440.000,- tapi sesuai dengan porsinya yang jumbo.




Referensi:

Foodcourt Kampoeng Popsa
Jl. Ujungpandang no 4
Makassar
(0)4 1132 1591

Sop Konro Karebosi
Jl. Gunung Lompobattang No 41, Makassar
Telp: 0411-312157

Dinar Seafood
Jam Buka 11:00-14:30 dan 17:00-22:30
Jl. Lamadulelleng No: 68
Makassar
Telp: 0411-871488, 0411-851461

Trans Studio Mall
Jl. Metro Tanjung Bunga
Makassar

RM Coto Nusantara
Jalan Nusantara
Kota Makassar - 90174
Sulawesi Selatan

Kepiting Rumah makan Surya
Jl. Nusakambangan 16-18
Makassar
Telp: (0411) 317066