Join my personal BBM Channel C000E9700

Rabu, 15 Februari 2012

Trip to Phuket

Beberapa waktu yang lalu saya dan teman-teman jalan-jalan ke Phuket, berikut rincian perjalanannya..

===========================
Day 1
Diawali dengan ramai-ramai nunggu di airport, sebenarnya pesawatnya baru akan berangkat pukul 17:20, tapi saya dan teman-teman sudah sampai di airport pukul 14:00 (kepagian ya… ^_^)

Setelah siap-siap check in dan sebagainya, akhirnya kita semua berangkat, penerbangannya memakan waktu hampir sekitar 3 jam, sampai di Phuket sudah jam 8:10 malam.

Sesampainya kami di pintu keluar, sudah banyak orang berjejer menawarkan paket tour, setelah  tawar menawar akhirnya kami sepakat untuk ambil tour selama 2 hari ke Phang Nga Bay (James Bond Island) dan Phi Phi Island dengan harga 2000 THB untuk kedua tempat tersebut include diantar dari airport ke hotel tempat kami menginap.
Perjalanan kami dari airport ke hotel memakan waktu 45 menit, karena hotel kami terletak di pusat kota.

Day 2
Perjalanan kami dimulai keesokan harinya pada pukul 7:30 pagi kami sudah dijemput untuk berangkat ke darmaga Po Bay untuk menuju ke Taman laut nasional Phang Nga Bay

Di Bus, on the way to Po Bay
Tempat nunggu sebelum ke pelabuhan Po Bay

jalan ke pelabuhan Po Bay

Pemandangan saat menuju James Bond Island

Tujuan pertama adalah ke Panak Island, sesampainya di sana, kami naik perahu kano, 1 perahu diisi 2 atau 3 orang untuk masuk melalui celah karang.

Setelah keluar dari celah karang terdapat danau air asin yang berhubungan dengan laut, dimana sisi-sisi dari tebing yang mengelilinginya sangat curam.

Masuk lebih dalam terdapat hutan mangrove

Puas berkeliling dengan kano, kami kembali ke kapal untuk meneruskan perjalanan, sampai di laut kami harus berganti perahu dengan menggunakan perahu panjang untuk menuju Khoa Ping Khan, karena kapal besar tidak dapat bersandar di pulau tersebut.

Sampai di Khoa Ping Khan kami melihat Karang Ko Tapu dimana bentuknya seperti karang yang menancap ditengah-tengah perairan dan di tempat ini pula terkenal dengan nama James Bond Island, karena tempat ini pernah digunakan untuk shooting film James Bond yang berjudul The Man With The Golden Gun pada tahun 1974 (wah eike belum lahir…. hahaha) yang dibintangi oleh Roger Moore dan Christopher Lee, dengan latar belakang karang ini.

Di jalan menuju Ko Tapu juga terdapat gua-gua terbuka serta ada papasan karang

Kembali lagi ke perahu panjang untuk balik ke kapal, disana telah disiapkan makan siang, huuuiiihhh laperrr…

Selesai makan kami diajak ke Hong Island.
Dengan menggunakan kano masuk ke dalam gua karang, setelah keluar dari gua, kami disuguhi pemandangan yang sangat indah, ada juga ada karang yang menyerupai Ko Tapu dan disebutnya James Bond Island 2, selain itu karang-karang ini juga ada yang menyerupai bentuk tertentu, seperti patung budha dan ikan piranha.

Puas melihat-lihat, kami kembali ke kapal dan selanjutnya dibawa menuju Lawa Island.

Di sini kami diperbolehkan untuk berenang atau bermain kano, puas bermain-main kami kembali ke kapal dan balik ke pelabuhan Po Bay, untuk selanjutnya diantar kembali ke hotel.

Selesai beres-beres, kami mencari restoran terdekat untuk makan malam, dan menu utama yang jadi incaran kami adalah Tom Yum.

Selesai makan, kami jalan-jalan di kota phuket, ada yang beli oleh-oleh, ada juga yang jalan-jalan ke pasar malam, kebetulan sedang ada acara pasar malam karena perayaan Chinese New Year, jadi ada ruas jalan yang ditutup untuk perayaan tersebut.

Dijual macam-macam jajanan disepanjang pasar malam

Suasana pasar malam

Puas jalan-jalan, akhirnya kami kembali ke hotel
=======================================

Day 3
Hari ini hari terakhir di Phuket, dan schedule kali ini adalah ke Phi Phi Island (tempat shooting film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio)
Jam 7:30 kami sudah dijemput dari hotel dengan menggunakan mobil, perjalanannya lumayan jauh sekitar 1 jam untuk sampai di pelabuhan.
Sampai di Pelabuhan kami langsung naik ke kapal yacht besar untuk dibawa ke Phi Phi, perjalanan memakan waktu sekitar hampir 2 jam lebih (hmm.., cukup bikin masuk angin kalo nongkrongnya di dek paling atas yang tempat terbuka), kalo kulit tambah hitam...., sudah pasti itu.... hehehehe

Sampai di Phi Phi leh sekitar jam 11an, disini kita diperbolehkan snorkeling, perlengkapan snorkeling dipinjamkan gratis.
Bagi yang tidak ingin berenang, bias jalan-jalan di pantai maya Beach (ini tempat shooting The Beach) Sebuah pantai yang tenang dan terlindung sehingga menyerupai hidden beach.  Airnya yang berwarna hijau turqoise menambah indah pantai ini.

Pulau Phi Phi Leh ini sebenarnya cuma seluas 6 km persegi, berupa pegunungan limestone yang materinya mengandung calcium carbonate, makanya air di sini berwarna kehijauan.

Seperti biasa, bergaya dulu sebelum terjun hehehehe…

Dari jauh lautnya sudah terlihat bening, seningga dasarnya terlihat, tapi walaupun demikian, dasarnya masih lumayan dalam, sekitar 5-8 meter dalamnya, oleh karena itu untuk keselamatan lebih baik pakai baju pelampung.

Puas berenang dilaut, saatnya balik ke Phi Phi Pier untuk makan siang (udah laper….), perlu diketahui di kapal tidak ada tempat bilas, jadi lebih baik bawa baju ganti dan handuk.
Kapal kami  melanjutkan perjalanan ke Ton Sai Beach, Ton Sai beach adalah tempat pelabuhan kapal boat dan ferry bersandar, sampai disana sudah disuguhi pemandangan laut biru gelap dengan hijau turquoise dan hamparan pantai pasir putih.

Sampai di Ton Sai Beach, kami diajak ke suatu lapangan besar yang ada tenda putih dan kami makan siang buffet besama.

Selesai makan kami jalan-jalan ke pantai Loh Dalum, dengan hamparan pasir putih dan air hijau bening,

Pantai ini tahun 2004 pernah terkena Tsunami, dengan ombak setinggi 20 meter, tapi saat ini bekasnya sudah tidak ada, tapi masih ada beberapa papan penunjuk  evakuasi jika terjadi Tsunami.
Di sepanjang jalan ke pantai berjajar pedagang yang menjajakan souvenir, bagi yang berminat bisa beli oleh-oleh sebelum kembali ke Phi Phi Pier dan naik kapal

Sekitar jam 2:30 kami naik ke kapal untuk kembali ke pelabuhan dan diantar kembali ke Hotel.
Sampai di Hotel sekitar jam 5 sore, setelah beres-beres, kami makan malam dan sebelum pulang kami sempat nyobain rujak mangga (manggo salad) khas Thailand.

Dan akhirnya diantar ke airport untuk pulang ke tanah air..

Special Thanks to teman-teman Group Ayalers yang sudah ikut serta pada trip ini, you know who u are…

Can't wait for next trip... ^_^