Join my personal BBM Channel C000E9700

Selasa, 05 Juli 2011

Ikan Patin bakar bambu yang menggoda selera

Kali ini saya mau bagi-bagi pengalaman wisata kuliner..

Awal mulanya saya membaca artikel mengenai Pondok Ikan bakar Kalimantan, yang membuat saya tertarik untuk mencobanya adalah saya penasaran sama salah satu menu andalan yaitu ikan bakar patin bambu yang kelihatannya menggugah selera, apalagi di review artikel itu ad foto-foto ikan bakar yang bener-bener bikin ngeces.. wadohh…

Berdasarkan informasi hasil browsing-browsing yang saya dapat, restoran itu selalu penuh apalagi pada saat jam makan siang dan sangat disarankan untuk reserve dulu sebelumnya, sebab  jika tidak kemungkinan besar  ikan patin bakarnya bisa keburu habis, sayang khan jauh-jauh datang ga kebagian..

Akhirnya di  sabtu siang yang cerah.. (niat banget sih..), meluncur saya ke tempat yang dituju..,  sempat nyasar-nyasar juga sih, tapi sesuai moto “malu bertanya sesat dijalan..”, setelah Tanya sana-sini, termasuk tanya orang yang jaga gerbang tol, tibalah saya di Cimanggis, dari pintu keluar tol, saya terusin jalan sampai ketemu pertigaan, lalu belok ke kiri, ternyata Restorannya tepat di dekat belokan jalan.
Nah ini dia…, persis seperti yang di gambar..


Pas mau parkir, busyeeettt… penuhnya.., sampai-sampai berjejer di tepi jalan.., ternyata pas belokan tadi banyak mobil parkir itu para tamu yang makan disitu toh…


Kebetulan pas saya mau masuk ke parkiran, eh ada mobil yang keluar, lumayan dech ga perlu cari-cari parkir lagi, teduh pula pas dibawah pohon rindang…


Pas masuk ke restorannya lagi-lagi saya tercengang.., tempatnya penuh coy..!, untungnya ga menunggu terlalu lama, dapat juga tempat makan di dekat taman tempat parkir.

Restorannya sendiri termasuk sederhana dengan bangunan dari bambu, parkirnya pun cukup luas serta banyak pohon-pohon rindang. dari situ saya bisa melihat ikan patin bambu yang sedang dibakar, jumlahnya puluhan, didepannya terdapat kolam-kolam ikan besar yang isinya penuh ikan-ikan patin seukuran 40-50cm





Katannya bakar ikan patin bambu ini membutuhkan waktu 3 jam loh.., Hmm... lama juga ya..

Akhirnya saya pesan ikan bakar patin bambu, nasi putih, tumis kangkung kelapa muda dan es kelapa jeruk,..
Saya tidak pesan terlalu banyak menu karena perutnya terbatas, lagian yang paling diincar hanya Cuma ikan bakar patinnya.
 

Es kelapa jeruk saya datang duluan, lumayan nich kebetulan cuaca lagi panas-panas terik, minum es langsung segar..

Ga lama kemudian datanglah pesanan saya lainnya yang ditunggu-tunggu, Whooaaa.., ikan patin-nya kelihatan yummy.. masih disajikan berikut dengan daun pisang pembungkus serta bambunya.., porsinya lumayan besar, bisa buat makan berempat.., selain itu juga dapat lalapan gratis serta sambal terasi dan sambal mangga


Hmmmm…, setelah dicoba, ikan bakar patinnya memang benar-benar mantab…, dagingnya lembut dan bumbunya meresap.., rasa bumbunya juga nendang dan enak sekali , sepertinya bumbu tersebut terbuat dari gerusan kemiri, santan dan cabe serta sedikit bawang, hampir mirip seperti bumbu ayam panggang rumah makan  padang, tapi bumbunya lebih melimpah, kayaknya hanya dengan bumbunya saja udah bisa dibuat teman makan nasi sepiring...

The best part dari ikan patin itu adalah bagian pipi dan perut, dimana terdapat banyak sekali lemak ikan yang mengandung omega 3.


Selesai makan, tidak lupa saya memesan bungkus untuk orang-orang dirumah, yang saya dapat adalah tentengan berbentuk bambu panjang, sepertinya untuk pesan bungkus, dikasih ikan patin dalam bambu yang masih utuh..


Memang benar-benar sangat recommended untuk dicoba, engga nyesal  dech jauh-jauh datang kesini.., next time mau ajak orang rumah untuk nyobain makan disini



Referensi:

Daftar Menu

Ikan Patin Bakar Bambu Rp. 120.000/kg
Ikan Patin Bakar Rp. 90.000/kg
Ikan Patin Asem Pedas Rp. 90.000/kg
Sop Ikan Gurame Rp. 90.000/kg
Ikan Gurame Bakar / Goreng/Masak Taucho Rp. 90.000/kg
Ikan Teri Balado Petai Rp. 35.000
Udang Goreng Mentega Rp. 40.000/porsi
Udang Goreng Tepung Rp. 40.000/porsi
Udang Balado Rp. 40.000/porsi
Ayam Bakar/Goreng ala Kalimantan Rp. 10.000/potomh
Tumis Kangkung Rp. 10.000
Karedok / Gado-Gado Rp. 10.000
Sayur Asem Rp. 10.000
Sop Iga/Kaki/Buntut Sapi Rp. 35.000/porsi
Es Jeruk Kelapa Rp. 20.000
Kelapa Muda Rp. 10.000
Kelapa Kopyor Rp. 35.000

Alamat:
Pondok Ikan Bakar khas Kalimantan
Telp: 021-8751395/ 021-8762217
Jl. Raya Tapos No:1, Cimanggis Depok