Join my personal BBM Channel C000E9700

Senin, 08 Agustus 2011

Vietnam Kamboja Trip 23-30 Jul 2011 Day 7

Day 7

Pagi-pagi sekitar jam 9:30, saya sudah dijemput untuk berkeliling kota Phnom Penh, menuju Royal Palace, bangunan ini dibuat pada abad ke 19 oleh Raja Norodom.

Sebelum memasuki kawasan Royal Palace, saya diajak menuju lapangan tepat diluar kompleks Royal Palace, dimana disana terdapat ratusan burung dara yang dilepas bebas dilapangan.


Bangunan yang terletak di seberang lapangan dikenal sebagai Moonlight Pavilion, merupakan tempat pementasan tarian klasik Khmer. Akhir-akhir ini tempattersebut digunakan sebagai tempat jamuan penobatan Raja.

 
Memasuki kompleks Royal Palace, ada bangunan Throne Hall, Bangunan ini adalah tempat dijalankannya serangkaian kegiatan kerajaan, mulai dari penyambutan duta besar baru, sampai pelantikan Raja baru


Memasuki kawasan silver Pagoda, dikelilingi pavilion yang terbentang panjang mengelilingi kompleks, dimana disepanjang pavilion tersebut terdapat lukisan dinding terpanjang didunia.


Didalam kompleks, bangunan Silver Pagoda merupakan salah satu bangunan penting, karena isinya adalah harta karun kerajaan, didalamnya terdapat patung Buddha yang terbuat dari emas murni seberat 90kg dan ditaburi lebih dari seribu berlian, tepat dibelakangnya ada juga patung Buddha yang terbuat dari batu giok dihiasi emas permata, lantainya pun terbuat dari perak, serta beberapa peninggalan kerajaan berupa patung buddha kecil yang terbuat dari emas, perak dan perunggu.


Bangunan lain di dekat Silver Pagoda, ada 3 stupa, yang merupakan makam dari leluhur Raja sebelumnya



Bangunan-bangunan lain di Royal Palace





Puas mengelilingi royal Palace, saya diajak ke pusat kota Phnom Penh, mengunjungi Monumen Kemerdekaan Kamboja, yang dibangun tahun 1958, terletak ditengah-tengah jalan Norodom dan Sihanouk Boulevard, bangunannya berbentuk kuncup bunga lotus dimana merupakan bangunan khas bangsa Khmer seprti yang terdapat di stupa Angkor Wat. Negara Kamboja sebelumnya dijajah Prancis, oleh karena itu sebagian bangunan di kota Phnom Penh banyak arsitektur Prancis


Monumen Raja Norodom


Monumen Pendidikan Kamboja


Makam keluarga kerajaan di tengah kota



Setelah saya diantar untuk makan siang di Tonle Bassac Restaurant, tempat restaurant buffet terbaik di kota Phnom Penh (Wadooohhh.., gagal diet nich……)

Di restaurant ini ada berbagai macam makanan, mulai dari masakan eropa. Asia, Khmer dan Vietnam
Ternyata di restaurant itu juga ada gong-gong (makanan khas kepulauan Riau), tapi bentuknya gede-gede


Kenyang makan, saya diantar kembali ke Shuttle Bus untuk menuju ke perbatasan Kamboja- Vietnam dan kembali ke Saigon, dengan menempuh 7 jam perjalanan.

Sampai di Saigon, sudah sekitar jam 8 malam, langsung dijemput untuk menuju restoran untuk makan malam





Selesai makan, saya langsung diantar ke hotel.


Referensi:
Tonle Bassac restaurant
No 177, Street Mao Tse Tong,
Sangkat Toul Svay Prey.
Phnom Penh, Cambodia
http://tonlebassac.com/images/spacer.gifTelephone: +855 23 210019
FAX: http://tonlebassac.com/images/spacer.gif+855 23 220981